Cara Beternak Ayam Broiler Mulai Dari Modal Kecil Hingga Berkembang Pesat

Ayam broiler atau ayam potong merupakan salah saatu jenis ayam yang tingkat pertumbuhan dan perkembangannya cukup tinggi. Ayam potong ini diternakkan khusus untuk kebutuhan daging ayam yang tinggi. Apabila anda tertarik untuk melakukan ternak ayam potong dengan modal kecil, berikut ini cara yang pas untuk anda.

Cara ternak ayam potong dengan modal pas-pasan

Untuk memulai sebuah bisnis tentunya ktia butuh modal. Apabila anda memiliki sedikit modal untuk bisa membuka bisnis ayam potong, berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan :

1. Persiapan kandang

Estimasikan kandang yang akan cukup untuk menampung bibit ayam potong sebanyak kurang lebih 50 ekor. Jumlah ini tidak terlalu banyak dan terlalu sedikit. Anda harus berusaha semaksimal mungkin mengembangkan ayam-ayam ini agar bsia berkembang lebih banyak.

2. Persiapan tempat makan dan minum ayam potong

Tempat makan dan minum ayam potong bisa anda cari di tempat-tempat yang menjual peralatan hewan ternak. Ingat selalu untuk memisahkan tempat makan dengan tempat minum ayam broiler agar makanan ayam potong tidak mudah mengalami pembusukan. Pisahkan juga jatah pakan ayam potong jantan dengan yang betina karena produktivitas ayam akan menurun seiring dengan ketidakseimbangan jumlah pakan yang didapatkan.

3. Membeli bibit ayam potong yang berkualitas

Setelah itu, anda bisa membeli bibit ayam potong yang telah dinyatakan sebagai bibitan yang baik. Tentu saja anda juga tidak bisa percaya begitu saja dengan penjual. Anda harus memastikan sendiri bahwa ayam yang telah anda pilih tersebut merupakan bibit ayam yang berkualitas dan bebas penyakit.

4. Selalu memperhatikan kesehatan ayam potong

Cara ternak ayam potong dengan modal sedikit selanjutnya adalah memperhatikan kesehatan ayam potong yang anda pelihara. Cara tersebut bisa dilakukan dengan cara memberi vitamin secara rutin. Anda juga bisa mengundang petugas vaksinasi hewan untuk memvaksin hewan anda.

Berbagai cara ternak ayam potong dengan modal sedikit di atas bisa anda praktekkan secara langsung di rumah. usahakan untuk bisa menjaga bibit ayam tersebut hingga saatnya panen. Setelah itu, pergunakan keuntungan yang anda dapatkan untuk mengembangkan usaha ternak ayam potong tersebut.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*