Kapan Infeksi Saluran Pernafasan Menjadi Ancaman Hidup?

Kapan Infeksi Saluran Pernafasan Menjadi Ancaman Hidup?

Banyak orang menyembunyikan kesalahpahaman bahwa mereka dapat tertular bronkitis atau pneumonia hanya selama bulan-bulan musim dingin. Namun, ini tidak sepenuhnya benar. Bronkitis dan radang paru-paru adalah infeksi pernafasan yang sangat umum yang dapat dialami seseorang sepanjang tahun dan jika tidak diobati, sebenarnya dapat berakibat fatal. Faktanya, pneumonia adalah penyebab kematian nomor enam di Amerika Serikat. Sementara bronkitis lebih umum daripada pneumonia, keduanya dapat menjadi infeksi pernapasan akut lebih cepat. Berikut adalah tanda dan gejala bronkitis dan pneumonia untuk membantu Anda menentukan kondisi yang mungkin Anda miliki.

Penyebab, Tanda dan Gejala Bronkitis

Bronkitis disebabkan oleh infeksi virus di paru-paru. Tanda-tanda dan gejala dapat termasuk batuk, dengan atau tanpa lendir, demam, menggigil, sesak napas, dan nyeri di dada saat batuk. Lendir mungkin berwarna kuning, hijau, atau bahkan sedikit merah muda, karena batuk dapat merusak alveoli di paru-paru. Bronkitis dapat membuatnya sulit tidur. Sementara bronkitis tidak secara khusus disebabkan oleh flu biasa, virus yang sama dapat menyebabkan kedua kondisi pada saat yang sama.

Penyebab, Tanda dan Gejala Pneumonia

Pneumonia disebabkan oleh infeksi bakteri yang juga mempengaruhi paru-paru. Namun, ini lebih parah dan akan membutuhkan antibiotik, serta obat-obatan lainnya. Gejala-gejalanya lebih parah daripada kebanyakan bronkitis, termasuk mual dan muntah, diare, kelelahan ekstrem, nyeri dada ketika batuk atau bernafas dalam, dan detak jantung yang terasa lebih cepat. Sekitar 60.000 orang meninggal karena pneumonia setiap tahun. Sangat penting bahwa Anda mencari perhatian medis sesegera mungkin.

Mengapa Infeksi Saluran Pernafasan Begitu Umum?

Merokok adalah salah satu penyebab utama, tetapi jauh dari itu saja. Polusi, paparan bahan kimia, dan resistensi terhadap berbagai antibiotik juga bertanggung jawab. Setelah paru-paru rusak dari jenis infeksi ini, menjadi lebih mudah untuk “menangkapnya” lagi. Namun, karena banyak orang tidak menyelesaikan semua antibiotiknya, menjadi semakin sulit untuk menemukan obat yang benar-benar akan membunuh bakteri tersebut. Jika Anda diresepkan obat untuk bronkitis, radang paru-paru, atau kondisi medis lainnya, penting untuk meminumnya sesuai petunjuk.

Dalam Penutupan

Meskipun Anda mungkin tidak ingin pergi ke ruang gawat darurat untuk perawatan infeksi pernapasan akut, penting bagi Anda untuk mencari perawatan di suatu tempat. Fasilitas perawatan darurat dirancang untuk membantu orang yang tidak dapat mengunjungi dokter selama jam kerja reguler atau bagi mereka yang tidak memiliki dokter keluarga. Jam biasanya diperpanjang dan jauh lebih murah daripada ruang gawat darurat tradisional. Satu hal yang pasti – jangan menunggu untuk melihat seorang profesional medis. Kesehatan Anda, dan mungkin hidup Anda, ada di garis depan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*